Manfaat sayur kacang panjang

sayur kacang panjang.  Kacang panjang segar adalah salah satu sumber folat terbaik. kacang panjang segar juga mengandung sederet antioksidan yang penting untuk tubuh, Kacang panjang juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A. Dalam 100 gram kacang panjang mengandung 865 IU vitamin A (16% dari kebutuhan harian), dan jumlah ini lebih banyak daripada keluarga kacang-kacangan lainnya seperti kacang lima dan kacang buncis. Vitamin A berperan mempertahankan kekuatan jaringan lapisan kulit dalam, mencerahkan rona kulit, dan mempertajam kualitas penglihatan di malam hari. Kacang panjang sering diolah menjadi tumisan sayur hingga masakan berkuah, seperti sayur lodeh dan ach sayur tempe. Rasanya yang gurih manis memang menggoyang lidah, manfaat kacang panjang yang pantin untuk kesehatan tubuh.


kacang panjang
Kacang Panjang
1. Meringankan nyeri haid
Dalam sebuah percobaan klinis,perempuan yang mengonsumsi dosis tinggi zat mangan dari menu makannya mengalami perbaikan dalam frekuensi dan tingkat keparahan kram perut serta suasana hati yang lebih membaik, ketimbang kelompok yang makan sedikit mangan.

2. Kulit sehat dan cerah
Studi menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi mengurangi munculnya keriput, 
menyembuhkan kulit kering dan kemerahan, serta memperlambat proses penuaan. Ini karena vitamin C bekerja mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh, yang penting tak hanya untuk kulit namun juga untuk kekuatan otot, ligamen, pembuluh darah, dan urat.Menu makan yang kaya vitamin C juga membantu mencegah perkembangan kanker kulit.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Serat larut yang ditemukan dalam kacang panjang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat. 
Plus, manfaat kacang panjang terbukti mengurangi peradangan dan tensi darah — yang juga baik untuk kesehatan jantung. Satu porsi kacang panjang (100 gram) mencukupi kebutuhan serat harian Anda hingga 12 persen.

4. Mencegah kanker
Kacang panjag mengandung sederet antioksidan nabati, termasuk flavonoid, dan riboflavin. 
Sebuah studi dari sampel sel kanker payudara dan kanker usus sel manusia dari Deakin University di Australia menunjukkan efek sinergis antara dua senyawa tersebut dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker tersebut.

5. Menangkal radikal bebas
Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis. Peradangan sendi yang tidak diobati dapat berujung pada komplikasi asam urat.

6. Menurunkan kadar glukosa
Sebuah penelitian lain yang menguji ekstrak kacang panjang menemukan bahwa sayuran hijau kurus panjang ini mengandung sifat antihiperglikemik dan analgesik — mengurangi rasa sakit dengan menurunkan sensitivitas tubuh terhadap stimulan. Uji tes toleransi glukosa secara oral menunjukkan adanya efek pengurangan kadar glukosa darah. Akan tetapi, penelitian ini masih terbatas pada percobaan tikus lab, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk dibuktikan manfaat kacang panjang yang sama pada manusia.

8. Mencegah cacat tabung saraf bayi
Cacat fisik lahir dan malformasi jantung pada anak adalah hasil dari defisiensi folat. 
Asupan cukup dari asam folat dalam menu makan Anda selama masa subur dan kehamilan dapat mencegah risiko cacat tabung lahir seperti spina bifida dan anencephaly pada bayi baru lahir. Folat sangat penting untuk replikasi DNA dan pertumbuhan sel janin. Makanan kaya akan folat dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf hingga 26 persen.



Komentar