Manfaat Daun Bawang Merah

Daun Bawang Merah. hay Gais kali ini saya akan memberi tahukan kepada kita semua bagai mana cara membudidaya daun bawang merah dengan baik dan benar, Daun bawang adalah jenis tanaman sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan masakan, selain itu tanaman ini juga kaya akan manfaat seperti sumber zat besi, memiliki kandungan serat yang tingi, banyak mengandung kalium,
baik untuk penderita penyakit jantung dan masih banyak lainnya.

Daun bawang merah
Daun Bawang Merag
1. Iklim
Syarat pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi rata rata cuaca dalam suatu daerah atau iklim, daun bawang dapat tumbuh dengan subur pada daerah yang memiliki suhu 18-25 derajat C dengan curah hujan 150-200 mm/tahun.

2. Tanah
Selanjutnya jenis tanah yang cocok untuk budidaya daun bawang, terdapat 2 jenis tanah yang cocok untuk budidaya daun bawang yaitu tanah andosol(tanah bekas lahan gunung berapi) dan tanah lempung berpasir. Setelah kadar keasaman / pH tanah yang cocok adalah 6,5-75.

3. Ketinggian tempat
Sebanarnya daun bawang dapat tumbuh pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi, namun tempat yang ideal untuk budidaya daun bawang pada daerah dataran tinggi 250-1500 dpl.

Cara Menanam Daun Bawang 
Disini kami akan menjelaskan tahap-tahap budidaya daun bawang dari proses pemilihan bibit hingga proses panen, budidaya daun bawang sebenarnya mudah namun perlu ketelitian yang tinggi agar hasil tidak mengecewakan. Baiklah langsung saja berikut ini adalah cara menanam daun bawang step by step:

1. Pemilihan bibit
 Tahap pertama dalam cara menanam daun bawang adalah pemilihan bibit, pada proses ini banyak    para petani pemula mengalami kesulitan karena kurangnya pengetahuan mereka terhadap ciri-ciri bibit berkualitas. Masalah kurangnya pengetahuan menyebabkan banyak petani pemula memilih bibit secara asal asalan, disini kami akan menjelaskan beberapa ciri bibit atau benih berkualitas dibawah ini.
Ciri-ciri bibit berkualitas
  • Bibit yang berkualitas memiliki ciri fisik yang utuh tidak terserang hama atau serangga
  • Bibit yang berkualitas akan tenggelam saat direndam dalam air
  • Tekstur biji keras dan kuat
  • Bibit sudah memiliki sertifakasi dari instansi pertanian

2. Proses penyemaian
Tahap selanjutnya dari cara menanam daun bawang adalah penyemaian bibit, setelah anda selesai memilih bibit atau benih daun bawang berkualitas langkah berikutnya yang harus anda lakukan yaitu penyemaian.

Tujuan dari proses penyemaian agar calon tanaman daun bawang lebih mudah berdaptasi dengan lingkungan baru, calon tanaman daun lebih mudah dikontrol atau dirawat, kebutuhan akan air dan pangannya dapat terpenuhi, oleh karena itu proses penyemaian sangat penting untuk keberhasilannya budidaya daun bawang milik anda. Nah disini kami akan menjelaskan cara penyemaian bibit daun bawang step by step dibawah ini.

Cara penyemaian bibit daun bawang 

Siapkan beberapa alat dan bahan penyemaian berupa cangkul, polybag, tanah biasa, tanah humus dan pupuk kandang kering
Setelah semua alat dan bahan siap, campur tanah biasa, tanah humus dan pupuk kadang kering menggunakan cangkul agar lebih rata
Masukkan tanah kedalam polybag, jangan diisi terlalu penuh
Selanjutnya ambil bibit atau benih daun bawang taburkan ketempat penyemaian yang sudah diisi media tanam tadi
Tutup menggunakan kardus atau kertas, cek setiap hari. Jika tanah kering lakukan penyiraman
Jika bibit sudah mulai tumbuh tunas, buka penutup tadi dan mulai perkenalkan bibit daun bawang dengan sinar matahari secara bertahap
Lakukan penyiraman setiap hari dan pemupukan jika kondisi tananam kurang subur
Tunggu beberapa minggu bibit daun bawang siap dipindahkan ke lahan tanam

3. Pengolahan lahan tanam
Cara menanam daun bawang selanjutnya adalah pengolahan lahan, terdapat 2 tempat budidaya daun bawang yaitu pekarangan kosong dan polybag besar semua terserah anda ingin menggunakan yang mana. Baiklah akan kami jelaskan tahap tahap pengolahan lahan dibawah ini.


Cara pengolahan lahan pekarangan kosong 

Cara menanam daun bawang 
Cara menanam daun bawang
Siapkan alat dan bahan seperti cangkul, sabit, tanah humus, pupuk kandang kering
Jika semua alat dan bahan siap, bersihkan pekarangan dari hama pengganggu menggunakan sabit ataupun cangkul
Setelah pekarangan atau lahan bersih, cangkul tanah(gembur) dengan kedalam 40 cm dalam proses ini anda bisa menambahkan pupuk kandang kering agar tanah kaya akan unsur hara sehingga bibit daun bawang dapat tumbuh dengan subur
Tahap selanjutnya adalah pembuatan bedengan, ukuran ukuran lebar 150 cm, tinggi 50 cm dan panjang sesuaikan dengan kondisi pekarangan atau lahan jangan lupa untuk membuat drainase antar bedengan dengan jarak 50 cm.
Selanjutnya cek kadar keasaman tanah(PH), jika PH kurang dari 6,5-75 lakukan pengapuran terlebih dulu dan biarkan beberapa minggu
Setelah itu buat lubang untuk penanaman bibit daun bawang dengan jarak 40 cm antar lubang.
Cara pengolahan polybag 

Cara menanam daun bawang di polybag
Cara menanam daun bawang di polybag
Langkah pertama ambil polybag berukuran 2-3kg, isi menggunakan medai tanah berupa campuran tanah dan pupuk kadang dengan perbandingan 3:1
Buat lubang untuk menanam daun bawang
Setelah itu basahi media tanam menggunakan air secukupnya
Letakan polybag ditempat yang terkena sinar matahari setiap hari.

4. Proses penanaman daun bawang
Setelah proses pemilhan bibit, penyemaian dan pengolahan lahan langkah selanjutnya adalah cara menanam daun bawang dari tempat semai ke lahan tanam baik dipekarangan kosong maupun dipolybag.

Cara menanam daun bawang, ambil bibit daun bawang ditempat semai lakukan dengan hati hati akan agar akar tidak rusak lalu masukan kedalam lubang yang sudah anda siapkan sebelumnya tutup kembali menggunakan tanah dan pupuk kandang kering siram menggunakan air secukupnya.

Artikel terkait: Panduan Cara Menanam Bayam Step by Step

5. Cara perawatan daun bawang
Begitu selesai melakukan cara menanam daun bawang bukan berarti tugas anda selesai juga karena ada tahap penting lainnya yaitu perawatan tanaman. Tujuan dilakukan perawatan tanaman daun bawang adalah agar daun bawang dapat tumbuh dengan baik, agar tanaman subur, agar tanaman dapat berfotosintesis dengan baik. Disini kami akan menjelaskan cara merawatan tanaman daun bawang dibawah ini.


Cara merawat daun bawang 

Pertama, lakukan penyiraman setiap hari agar tanaman daun bawang tidak kekurangan air namun jangan melakekan penyiraman berlebih karena daun bawang tidak menyukai tanah yang basah atau becek.
Selanjutnya lakukan pembersihan area lahan atau polybag dari hama pengganggu baik rumput maupun serangga atau biasanya dikita sebut sebagai proses penyiangan
Terakhir, jika tanaman mengalami serangan penyakit atau hama yang mengakibatkan tanaman busuk segera musnahkan tanaman tersebut agar tidak menular pada tanaman lainnya.

6. Panen
Tahap terakhir dalam proses cara menanam daun bawang adalah panen, proses yang sangat ditunggu-tunggu para petani. Tanaman daun bawang yang siap dipanen berumur 75 hari, selain itu terdapat beberapa ciri daun bawang yang siap dipanen yaitu rumpun tanaman sudah banyak, daun berwarna hijau tua, tekstur daun keras jika ditekan menggunakan tangan dan batang bawah berwarna kuning. Panen daun bawang bisa dilakukan dengan memotong pangkal batang yang sudah tua, jika terdapat tanaman daun bawang yang masih muda biarkan sampai tanaman siap dipanen



Komentar